Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Budaya, Pendidikan, dan Teknologi



Pengertian Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata "globe" artinya dunia, dan globalisasi berarti mendunia. Jadi globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Ini berarti dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara tidak menjadi halangan untuk bisa saling berhubungan. Kemajuan teknologi dari hari ke hari berperan penting dalam terciptanya proses globalisasi.

Contoh Globalisasi di Bidang Ekonomi

1. Terciptanya Ekspor dan Impor
Adanya ekspor dan impor antara satu negara dengan negara lain merupakan implikasi dari proses globalisasi yang terjadi pada saat ini. Keadaan ini tentu menguntungkan bagi setiap negara, ekspor untuk meningkatkan devisa negara mereka dan impor untuk memenuhi kebutuhan yang tidak ada didalam negeri.

2. Terciptanya Pasar Bebas
Salah satu contoh globalisasi yang saat ini banyak terjadi adalah terciptanya pasar bebas misalnya saja adalah Masyarakat Ekonomi Eropa. Dan negara-negara dikawasan Asia Tenggara pun akan menghadapi suatu keadaan yang sama dengan di Eropa yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang lebih dikenal dengan sebutan MEA.

3. Masuknya Perusahaan-perusahaan Asing ke Indonesia
Globalisasi mau tidak mau membuat negara menjadi lebih terbuka, salah satunya dampaknya adalah memudahkan masuknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia dan tentunya beroperasi disini. Banyak sekali perusahaan-perusahaan luar negeri yang beroperasi di Indonesia misalnya saja Freeport, Exxon Mobile, McDonald, KFC, Google, dan banyak lagi perusahaan-perusahaan asing lainnya.

4. Menjamurnya Bisnis E-commerce
Contoh globalisasi lainnya adalah menjamurnya bisnis-bisnis yang berbasis e-commerce. Saat ini industri e-commerce tumbuh pesat karena salah satunya didukung oleh perkembangan teknologi serta industri telekomunikasi dan informasi. Perusahaan e-commerce yang terkenal antara lain Amazon, Ebay, Tokopedia, Bukalapak, dan banyak lagi.

5. Masuknya Produk-produk Luar Negeri
Globalisasi tidak hanya memudahkan masuknya perusahaan-perusahaan luar negeri untuk beroperasi di Indonesia saja melainkan juga memudahkan masuknya produk-produk luar negeri atau yang lebih dikenal dengan impor. Produk-produk tersebut masuk karena banyak hal, misalnya saja ada yang membeli barang melalui toko online luar negeri misalnya saja Amazon atau yang lainnya.

Contoh Globalisasi di Bidang Budaya

1. Pengaruh Dari Mode-Mode Luar Negeri
Yang salah satu contoh globalisasi dalam bidang budaya ialah masuknya mode-mode luara negeri ka indonesia saat ini mode-mode yang sedang trand di Indonesia ini ialah mode-mode dari negara Korea, Jepang dan Amerika Serikat.

2. Berkembanganya Budaya Asing
Budaya asing yang berkembang di Indonesia tidak dapat lagi dihindari yang salah satunya misalnya ialah budaya Kpop dari Korea Selatan, untuk sisi dari nilai positifnya kita optimalkan dan dari sisi negatifnya harus kita buang jauh-jauh dari tanah air kita.

3. Tersingkirnya Kebudayaan Nasional
Dalam contoh lain dari globalisasi budaya yang sangat sekali disayangkan ialah lunturnya kebudayaan-kebudayaan asli Indonesia, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki kecenderungan lebih suka dengan budaya-budaya asing.

4. Terjadinya Pertukaran Budaya
Yang merupakan salah satu hal yang positif bagi Indonesia dalam globalisasi ialah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Dengan hal ini semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan Indonesia dimata Internasional.

Contoh Globalisasi di Bidang Politik

1. Terbentuknya Organisasi Internasional
Salah satu dari sekian banyak contoh globalisasi dalam bidang politik ialah munculnya organisasi-organisasi internasional yang terdiri dari berbagai macam negara yang pada umumnya memmiliki kesamaan visi dan misi seperti misalnya PBB, APEC, dan lain-lain.

2. Kerjasama Antar NegaraKerjasama yang bilateral atau multilateral suatu negara dengan negara lainnya juga merupakan dampak dari adanya globalisasi, tentunya diharapkan kerjasama ini dapat salaing menguntungkan negara-negara yang bekerja sama tersebut ( mutualisme ).

3. Masuknya Ideologi-Ideologi Asing
Globalisasi dapat memudahkan masuknya ideologi-ideologi yang masuk ke tanah air, apabila hal ini tidak sesuai dengan falsafah kita maka bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan dan kita sudah memiliki sejarah dengan hal ini.

4. Campur Tangan Negara Lain
Salah satu contoh globalisasi dalam bidang politik yang amat kita sayangkan ialah adanya campur tangan negara lain, kita bisa melihat contohnya dari beberapa negara di Timur Tengah yang direcoki atau dicampur tangani oleh negara-negara lain.

Contoh Globalisasi di Bidang Pendidikan

1. Pertukaran Pelajar
Kerjasama antar negara di bidang pendidikan merupakan bentuk globalisasi. Hal tersebut membuat masing-masing negara dapat saling bertukar pelajar.

2. Kemudahan Mendapatkan Informasi
Para pelajar sekarang jauh lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan pelajaran mereka. Media online dan buku digital memudahkan para pelajar untuk mempelajari berbagai materi secara online atau digital.

3. Pertukaran Guru 
Umumnya terjadi di bidang studi tertentu, misalnya Bahasa Inggris, Mandarin, dan bahasa asing lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk bidang studi lainnya.

Contoh Globalisasi di Bidang Teknologi

1. Kemudahan dalam Berkomunikasi dan Mendapatkan Informasi 
Hal tersebut terbukti di zaman sekarang banyak sekali orang yang sudah menggunakan internet atau smartphone dalam berkomunikasi.

2. Kemudahan dalam Mendapatkan Berita Terbaru Mengenai Peristiwa di Berbagai Belahan Dunia 
Dengan adanya berbagai media online yang terpercaya dan cepat dalam melaporkan suatu peristiwa semua orang dapat dengan mudah saling berbagi informasi baik itu antar wilayah ataupun antar negara.

3. Kemudahan dalam Transaksi Jual-Beli 
Karena adanya teknologi yang dapat melayani pemasaran dan pembayaran secara online. Ditambah lagi masyarakat semakin konsumtif dan susahnya akses transportasi meningkatkan peluang dalam melakukan jual beli secara online.

No comments:
Write komentar

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.