Pentingnya Punya Sertifikat di Bidang IT sebagai Programmer


 

    Bidang teknologi terus berkembang pesat seiring waktu. Dalam beberapa tahun terakhir kita sudah terbiasa melihat teknologi-teknologi yang kian semakin canggih.  Perusahaan-perusahaan teknologi saling bersaing satu sama lain demi menjadi perusahaan teknologi terbaik. Ini menjadi hal positif bagi yang bekerja di bidang teknologi apalagi programmer.

 

    Peningkatan peluang kerja di bidang IT berbanding lurus dengan banyaknya minat masyarakat yang ingin menjadi programmer. Ini menyebabkan variasi keahlian programmer semakin luas dan bertingkat. Sulitnya mengetahui keahlian programmer menjadikan standarisasi keahlian semakin dibutuhkan oleh perusahaan. 

 

    Tidak hanya standarisasi keahlian tapi juga sertifikasi pembelajaran pemrograman menjadi hal yang cukup penting dalam mencari pekerjaan ataupun untuk menunjukkan keahlian yang dimiliki. Sertifikasi-sertifikasi ini memudahkan perusahaan untuk mencari programmer sesuai yang dibutuhkan. Khususnya untuk mencari programmer yang masih baru terjun di bidang IT karena mereka kebanyakan masih belum punya pengalaman kerja. Nah, sertifikasi ini menjadi bukti awal bagi mereka yang mau bekerja jadi programmer di bidang IT. Dengan adanya sertifikat membuat programmer pemula bisa membuktikan kalau mereka sudah belajar konsep-konsep dasar yang diperlukan untuk menjadi programmer. 

 

Berikut pentingnya sertifikat di bidang pemrograman:

  • Validasi keahlian dan kemampuan, sertifikat bisa menunjukkan bukti validasi keahlian dan kemampuan programmer. Di sertifikat terkadang menunjukkan apa yang telah dipelajari dan disertifikasi oleh siapa. Ini menjadikan sertifikat sebagai validasi keahlian dan kemampuan programmer yang telah lulus atau belajar pada program tertentu.
  • Keunggulan di pasar kerja, dalam mencari kerja tentu dibutuhkan daya saing oleh kandidat pencari kerja lain. Sertifikat bisa menjadi keunggulan dibandingkan pencari kerja yang tidak mempunyai sertifikat yang sesuai dengan yang dicari perusahaan. Dengan adanya sertifikat bisa menjadi awal bagi programmer di pasar kerja untuk diperhatikan oleh perusahaan yang mencari programmer yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Kredibilitas profesional, sertifikat juga penting untuk menunjukkan kredibilitas keprofesionalan karena ada beberapa sertifikat yang perlu usaha, pengetahuan, dan biaya yang tinggi untuk didapatkan. Kesulitan dalam mendapatkan sertifikat inilah yang menjadi bukti kredibilitas seorang programmer.
  • Standarisasi industri IT, banyaknya peminat dibidang IT membuat perusahaan industri IT kesulitan untuk menyaring programmer yang sesuai yang dibutuhkan. Dengan adanya sertifikat menjadikan standarisasi perusahaan industri IT untuk mencari programmer yang bisa diperhatikan apalagi bagi yang baru memulai karirnya di bidang IT dan tidak punya pengalaman kerja sebelumnya. Dengan sertifikat ini menunjukkan keahlian yang telah dipelajari atau dipahami oleh programmer tersebut.

     Oleh karena itu, pentingnya punya sertifikat di bidang IT sebagai programmer. Apalagi sertifikat yang berkualitas dan diakui secara internasional.  Nah kebetulan Codepolitan dan AlibabaCloud punya program "Beasiswa Full Stack MEVN 1 Tahun dan Sertifikasi Developer Internasional". Dengan program CampusCoder ini masyarakat yang mau belajar programming, khususnya pelajar atau mahasiswa, bisa mendapatkan kelas gratis untuk belajar pemrograman web dengan stack MEVN yang sudah berstandar internasional. Program ini dimulai pada 16 November 2023 hingga 13 Januari 2024.

Fasilitas yang ditawarkan sangat menarik, yaitu:

  • Belajar Terarah
  • Belajar Gratis 1 tahun
  • Materi Berstandar Industri
  • Waktu Belajar Flexible
  • Forum dan Komunitas Tanya Jawab 
  • Beragam hadiah Macbook atau Ipad yang akan diundi 
  • Menyusun portofolio yang mengesankan
  • Sertifikat yang diakui secara internasional
  • Bisa mendaftar sebagai individu ataupun berkelompok

     Ini semua gratis (beasiswa)  ditanggung oleh Codepolitan dan AlibabaCloud dan untuk pendaftarannya cukup mudah, cukup mendaftar di link di bawah ini dan selesaikan tugas-tugasnya. Untuk lebih detailnya bisa dilihat langsung di websitenya.

 

https://devhandal.id

 

   Nah dari sini kita paham bahwa sertifikat itu penting bagi programmer sebagai validasi atau bukti keahlian ataupun sebagai bukti sudah belajar pemrograman, keunggulan di pasar kerja, bisa menjadi kredibilitas programmer, dan juga sebagai standarisasi industri IT dalam mencari programmer yang mereka butuhkan. Apalagi sertifikat yang diakui secara internasional, seperti program "Beasiswa Full Stack MEVN 1 Tahun dan Sertifikasi Developer Internasional" di CampusCoder oleh kerjasama Codepolitan dan Alibaba Cloud. Tidak hanya di program ini, ada banyak program untuk belajar pemrograman bersertifikasi internasional dan gratis seperti, Microsoft, Coursera, Cisco, dan masih banyak lagi. Dengan sertifikat ini bisa menjadi pembantu untuk bekerja di bidang IT. 

 

Sekian dan terima kasih. 


No comments:
Write komentar

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.