Review Ruang Guru, Zenius, Quipper



Di zaman modern ini sudah banyak bimbingan belajar yang bisa diakses dengan internet atau biasa disebut Bimbel Online. Dengan adanya bimbingan online ini siswa dapat lebih mudah untuk belajar dimana saja dan kapan saja yang penting terhubung dengan internet. Beberapa contoh bimbingan online yang paling terkenal sejak artikel ini ditulis adalah Ruang Guru, Zenius Education, dan Quipper Video untuk bimbel lainnya masih kurang populer dibanding ketiga bimbel ini. Ketiga bimbel ini memiliki ciri khasnya masing-masing, tidak semua orang cocok dengan tiga-tiganya karena setiap gaya belajar orang berbeda-beda. Oleh sebab itu saya akan memberikan review tentang kelebihan dan kekurangan dari Ruang Guru, Zenius Education, dan Quipper Video sesuai dengan pengalaman saya dan pandangan saya setelah mendengar dari pendapat orang-orang khususnya disekitar saya. Sebelum itu saya ingin mengingatkan bahwa review ini bersifat subjektif dan murni dari pendapat saya.

Sedikit kisah saya tentang bimbingan online dari Zenius Education




Saya akan mulai dengan bimbingan online Zenius Education. Jujur bimbel online pertama yang saya gunakan adalah zenius. Saya pertama kali mengenal zenius sejak kelas X SMA semester pertama (masih baru masuk SMA). Pada saat itu saya melihat di internet tentang pembelajaran dan melihat salah satu postingan di Blog Zenius (Zenius juga punya blog kalian bisa mengeceknya) saya sangat tertarik dengan cara menyampaikan informasi lewat blognya kemudian saya mengetahui kalau Zenius menyediakan video pembelajaran yang bisa diakses secara online. Saya mencoba mengakses salah satu video di Zenius dan saya cukup menikmatinya karena materinya dibawakan secara ringkas dan jelas, videonya juga singkat kurang lebih 3-5 menit jadi saya sebagai penonton tidak merasa bosan. Setelah satu video selesai saya coba video selanjutnya dan ternyata untuk mengakses video selanjutnya harus menjadi member premium(berbayar). Jadi yang gratis cuma video awalnya saja, saya mencoba untuk mencari cara untuk menjadi member premium dan ternyata harus membeli voucher untuk jadi premium, vouchernya beragam mulai dari 1 bulan sampai 1 tahun harganya juga tidak terlalu mahal untuk para pelajar hanya Rp165.000 sampai Rp440.000 pertahunnya. Besoknya saya mencoba membeli voucher zenius 1 tahun dari sisa tabungan saya, pada saat itu saya bayar lewat Indomaret terdekat(bisa juga dengan kartu kredit atau atm).


Setelah saya membeli voucher dan mengaktifkannya di Zenius saya langsung nonton videonya dan tidak butuh waktu lama saya merasa kalau zenius adalah website pembelajaran yang hebat jauh lebih baik daripada pembelajaran konvensional yang ada di sekolah. Saya selalu dibuat kagum dengan adanya video pembelajaran dari Zenius ini yang tadinya saya hanya seorang siswa biasa dan tidak terlalu pintar dalam berbagai pelajaran, saya juga tidak terlalu memerhatikan pelajaran menjadi tersadar akan potensi belajar dan enaknya belajar. Saya yang tadinya tidak mengerti apapun yang dikatakan guru matematika saya menjadi paham apa yang guru saya bicarakan bahkan saya tahu apa yang diinginkan dari soal yang diberikan oleh guru saya. Ini benar-benar menjadi awal mula saya untuk termotivasi belajar dan terus mencari referensi di luar sekolah.


Pada awal saya menonton video dari zenius saya hanya paham dalam hal kecil sekedar bisa mengerjakan soal tingkat mudah (itu sudah hebat dibandingkan sebelum saya menonton zenius), tapi seiring berjalannya waktu saya sadar saya telah meningkat saya sudah bisa mengerjakan ulangan tanpa menyontek sedikitpun  (walaupun nilainya cuma rata-rata). Setelah itu saya menjadi semangat belajar, saya terus belajar tiap hari di Zenius dan tidak terasa saya sudah tidak pernah menyontek lagi karena saya sudah terbiasa liat soal-soal ulangan di Zenius. Perlahan-lahan nilai saya menjadi meningkat dan setelah naik kelas XI SMA saya menjadi salah satu yang diakui kepintarannya baik dari teman kelas maupun guru-guru yang mengajar saya. Ulangan bukan lagi menjadi penghalang saya sudah terbiasa tidak remedial dan mendapatkan nilai 90 ke atas hampir di semua pelajaran eksakta( saya jurusan IPA dan di Zenius hanya ada pelajaran yang di ujiankan atau pelajaran yang ditakuti siswa seperti matematika).


Setiap menjelang ulangan saya hanya menonton video dari Zenius sekitar 4 jam, saya sudah bisa mengerjakan soal ulangan harian dengan santai dan tidak panik. Setelah beberapa tahun menggunakan Zenius saya sadar bahwa Zenius tidak hanya mengajarkan siswa untuk menjawab soal tapi Zenius benar-benar membuat siswa jadi paham tentang pelajaran dan mengajarkan dasar dari pelajaran dan tentunya tidak terpaku pada pemahaman ambigu yang tidak jelas, tapi pemahaman yang bisa dihubungkan dengan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa jadi berpikir lebih kreatif, inovatif, dan cerdas dalam melihat suatu hal. Ini yang membuat saya menjadi orang yang sangat berbeda, berkat Zenius saya menjadi lebih baik saya mulai sering berpikir tentang masa depan, hal-hal sosial, dan mencoba untuk mengaplikasikan apa yang sudah saya pelajari untuk membangun dunia ini lebih baik. Pokoknya saya sangat berterima kasih dengan adanya bimbingan pelajaran seperti ini dan saya sangat berharap agar semua siswa di indonesia dapat merasakan hal yang seperti ini kalau perlu lebih dari yang saya rasakan.

Kelebihan Zenius Education
  1. Harga yang ekonomis dibandingkan bimbingan online lain hanya Rp165.000 sampai Rp440.000 pertahunnya dansudah bisa mengakses pelajaran SD, SMP, SMA, SBMPTN, SIMAK, UTUL sama STAN, untuk harga lebih lengkap bisa ke Purchase Zenius.
  2. Pembelajaran yang teronsep tidak hanya memberikan materi tapi dasar dari materi tersebut, seperti dari mana suatu rumus berasal atau turunan rumus dari yang sederhana sampai kompleks.
  3. Soal-soal anti remedial yang bisa di download dan gratis.
  4. Tentor(guru) yang interaktif energik dan memiliki ciri khas masing-masing.
  5. Tidak menggunakan bahasa formal. Menurut saya ini yang membedakan zenius dengan bimbel online yang lain karena menggunakan bahasa tidak formal seperti Lo, Gue, dll sehingga materi yang ingin disampaikan dapat tersampaikan ke siswa karena terdengar familiar bagi siswa dan tentornya juga tidak terlalu kaku dalam menjelaskan.
  6. Menggunakan papan digital, jadi yang terlihat cuma tulisan disertai dengan suara tentornya.
  7. Hemat kuota, dibandingkan dengan bimbel lain zenius jauh lebih hemat. Setiap video biasanya hanya 2-10 MB.
  8. Video yang singkat dan jelas, siswa menonton tidak cepat bosan. Setiap video hanya 3-5 menit.
  9. Zenius Club(harus beli Xpedia untuk lebih jelasnya ke ZeniusMultimedia), kelompok belajar zenius melalui media sosial line dan bisa bertanya langsung pada tentor Zenius.
  10. Punya blog dan channel Youtube yang selalu update tentang pelajaran.
  11. Bisa diakses dengan aplikasi atau website(untuk membeli paketnya harus dari websitenya)
  12. Zenius punya tempat bimbel di beberapa kota untuk informasi lebih lanjut di Zenius Center tersedia dari mulai kelas 1 - 12 dan alumni (kalau mau tahu seberapa bagus bimbel ini bisa dilihat di cerita anak bimbel zenius atau lihat di google.)
Kekurangan Zenius Education
  1. Kualitas video kurang baik dibandingkan video bimbel lain(untuk menghemat kuota) tapi masih layak ditonton
  2. Butuh waktu untuk terbiasa, saya sudah coba belajar di Zenius dengan teman saya dan hasilnya teman saya kurang puas katanya materinya terlalu sulit dimengerti, tapi setelah beberapa bulan teman saya sudah mengalami peningkatan dan dia sudah mulai suka belajar di Zenius. Jadi saya menyimpulkan butuh waktu untuk terbiasa dengan Zenius karena ada beberapa hal yang tidak dimengerti orang-orang yang baru pertama kali mencoba.
  3. Model papan digital, tidak semua orang yang suka dengan model pembelajaran dengan papan digital terkadang ada orang yang suka tampilan lebih banyak warna agar tidak terlihat monoton.
  4. Video pembelajaran tidak bisa didownload. Banyak siswa yang mengeluh dengan hal ini, tapi menurut saya hal ini dapat dimaklumi karena ini untuk mencegah adanya tindakan ilegal yaitu, mengcopy karya seseorang, untuk masalah ini Zenius sudah memberikan solusi berupa Xpedia(dibeli dengan cara yang berbeda dan harga yang lebih mahal dibandingkan voucher online) yang berisi tentang video pembelajaran zenius dalam bentuk CD dan beberapa tambahan seperti Voucher Zenius Club, baju, dll.
Pengalaman belajar di Ruangguru.com




Ruangguru.com adalah bimbingan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi berupa internet. Saya sudah menggunakan Ruangguru selama 6 bulan dan saya rasa Ruangguru jauh lebih baik dibandingkan Zenius dari segi fitur dan tampilan. Ruangguru sudah didirikan sejak 2014. Masih terbilang baru dibandingkan Zenius, tapi Ruangguru sudah menjadi salah satu bimbingan belajar terpopuler di Indonesia. Ruangguru guru juga sedang berusaha mencakup semua siswa di berbagai daerah dengan melakukan promosi besar-besaran di TV ataupun di internet agar tidak adalagi siswa yang tidak tahu tentang sistem pembelajaran online ini.

Menurut saya Ruangguru memiliki banyak fitur menarik diantaranya ruang belajar, ruang les, ruang uji, dan digitabootcamp, kelima fitur ini memiliki fungsi yang berbeda-beda karena saya hanya pernah menggunakan ruang belajar jadi saya tidak ingin menjelaskan yang lainnya secara detail kecuali ruang belajar.

Hal yang paling saya sukai dari Ruangguru adalah soal-soal yang diberikan secara bertingkat dari yang mudah ke yang paling sulit(beneran sulit kalau belum belajar) dan setelah kita menjawab kita bisa melihat hasilnya disertai dengan pembahasan yang benar. Ada juga rangkuman pembelajaran yang dikemas dengan lebih berwarna jadi bisa mengingat kembali apabila lupa.

Karena saya lebih dulu menggunakan Zenius saya merasa ada yang kurang dari cara penjelasan materi di Ruangguru(mungkin karena sudah terbiasa dengan cara penjelasan di Zenius). Penjelasan di Ruangguru sama dengan yang ada di sekolah ada guru dan papan tulis tapi yang membedakannya penjelasan  di Ruangguru dilengkapi dengan animasi yang interaktif sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa dan materi yang terkonsep seperti kurikulum di sekolah. Dibandingkan dengan sistem pembelajaran di sekolah saya lebih suka belajar di Ruangguru karena lebih interaktif.

Untuk kalian yang ingin belajar dengan teman atau saling sharing dengan pembelajaran saya sarankan untuk menggunakan Ruangguru karena hampir semua siswa sekarang tahu dan punya Ruangguru. Untuk yang sekolah dijenjang SD dan SMP(untuk anak SMA harus menggunakan banyak bimbingan belajar untuk memperluas wawasan kalau perlu semuanya diikuti) saya menyarankan untuk menggunakan Ruangguru karena lebih cocok untuk siswa yang baru belajar dan dilengkapi dengan tampilan warna-warni yang tidak membosankan dan untuk pendaftarannya sangat mudah bisa dibayar lewat Indomaret atau Alfamaret bisa juga dengan kartu kredit atau ATM. Lebih jelasnya bisa baca artikel saya tentang Cara Berlangganan di Aplikasi RuangGuru + Diskon 50%

Hal terakhir yang membuat saya tertarik dari Ruangguru adalah pendirinya yaitu Belva Devara dan Iman Usman yang memiliki prestasi dan pengalaman yang sangat luar biasa bahkan diakui secara internasional. Saya benar-benar kagum dengan pendirinya kalau mau tahu lebih jelasnya silahkan cari di internet ada banyak sekali yang menceritakan tentang kisah sukses pendiri Ruangguru.


Kelebihan Ruang Guru
  1. Harga yang relatif murah dibandingkan bimbingan konvensional yang harganya sampai jutaan, Ruangguru sendiri hanya Rp250.000 sampai Rp1.225.000 untuk 2 tahun kalau 1 tahun cuma Rp775.000 bisa lebih murah lagi dengan diskon 50% silahkan lihat caranya di Cara Berlangganan di Aplikasi RuangGuru + Diskon 50%
  2. Guru yang interaktif dan berpenampilan yang baik.
  3. Kurikulum yang sudah  disesuaikan dengan sekolah.
  4. Punya banyak Event seperti soal yang apabila dijawab bisa dapat pulsa hingga Rp100.000.
  5. Video bisa didownload, fitur terbaru dari Ruangguru yaitu  bisa mendownload videonya jadi jauh lebih hemat.
  6. Tampilan yang lebih menarik dengan dipenuhi warna cocok untuk segala usia.
  7. Soal-soal yang bertingkat disertai dengan penjelasan yang terperinci.
  8. Memiliki banyak fitur bisa bertanya langsung ke tentor(perlu biaya tambahan), pesan les privat langsung ke rumah, les online secara berkelompok lewat media sosial dan latihan soal-soal secara online.
  9. Rangkuman semua pelajaran yang dapat didownload.
  10. Tersedia untuk semua mata pelajaran.
  11. Setiap materi dilengkapi animasi, sehingga siswa lebih mudah mengerti dan tidak cepat bosan.
  12. Bisa diakses dengan aplikasi yang dapat didownload di android atau ios.
  13. Aplikasinya didesain seperti game yang memiliki exp dan gold.
  14. Punya fitur layaknya sosial media tentunya untuk berbagi pelajaran dengan teman.
Kekurangan Ruang Guru
  1. Lumayan menghabiskan banyak kuota, oleh karena itu Ruangguru menyediakan fitur download video.
  2. Tidak cocok dengan siswa yang tidak suka sistem belajar di sekolah, tapi kalau sudah terbiasa nanti juga suka.

Quipper Video



Quipper video sudah berdiri sejak tahun 2014 sama dengan Ruangguru, tapi saya lebih dulu mengenal quipper video dibanding Ruangguru. Quipper video hampir mirip dengan Ruangguru yang beda cuma materi pembelajarannya dan pembawaan materinya. Di Quipper video semua pelajaran ada mulai dari pelajaran matematika sampai ppkn dan sejarah pokoknya lebih lengkap dari kedua bimbel di atas. Saya tidak bisa memberikan banyak komentar tenang bimbel ini karena saya hanya menggunakannya selama 1 bulan karena harganya yang cukup mahal dan saya juga hanya mencoba sebagai pembanding.

Kesimpulan saya di Quipper video ini sama saja dengan Ruangguru dan saya lebih merekomendasikan Ruangguru dibanding Quipper video karena dalam segi tampilan dan fitur hampir sama mungkin Ruangguru lebih baik, tapi jika kalian sudah menggunakan Ruangguru dan Zenius dan merasa tidak cocok kalian bisa coba untuk menggunakan Quipper video atau jika kalian punya uang lebih dan ingin menambah wawasan mungkin Quipper video bisa menjadi solusinya.

Kelebihan Quipper Video
  1. Harga yang cukup murah dibandingkan bimbingan lain sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Harga Quipper video sendiri hanya Rp550.000 sampai Rp1.225.000 bisa dilihat di Quipper Purchase.
  2. Video bisa didownload selama 7 hari
  3. Kurikulum lengkap mulai dari kurikulum 2013, KTSP, revisi, dll.
  4. Soal-soal yang bisa dikerjakan secara online maupun offline.
  5. Aplikasi sudah tersedia di android dan ios
  6. Tampilan yang menarik dengan perpaduan warna biru dan putih sehingga lebih enak dipandang dan dilengkapi solusi-solusi quipper yang bisa membantu siswa dalam mengerjakan soal secara singkat.
  7. Tersedia untuk semua mata pelajaran dan memiliki banyak modul soal-soal yang dapat didownload gratis.
  8. Dilengkapi dengan rumus cepat biasa disebut SUPER (Solusi Quipper).
Kekurangan Quipper Video
  1. Materinya kadang sulit untuk dimengerti hampir sama dengan cara pembelajaran di sekolah (ini cuma pendapat pribadi)
  2. Menghabiskan banyak data internet.
  3. Durasi video yang cukup lama.

Kesimpulan saya dari ketiga bimbel online di atas yang paling terbaik dalam membantu siswa terutama siswa dijenjang SD dan SMP sebaiknya menggunakan RuangGuru dan ketika SMA menggunakan RuangGuru dan Zenius untuk melengkapi satu sama lain agar ilmu yang didapat tidak ambigu, tapi jika dirasa tidak ada yang cocok dari dua bimbel tadi sebaiknya mencoba menggunakan Quipper video. Saya harap dengan adanya ketiga bimbel ini dapat membantu memajukan pendidikan di Indonesia dalam mengatasi masalah-masalah yang biasa dikeluhkan siswa di sekolah. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mempertimbangkan untuk mengikuti bimbel online karena menurut saya ini sangat penting untuk menambah pengalaman siswa dalam belajar dan dapat membantu siswa untuk mengetahui gaya belajarnya. Sekian dan Terima Kasih.

42 comments:
Write komentar
  1. apalagi sekarang ruangguru udah canggih sih, banyak vitur barunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ruangguru sekarang lagi semangatnya berinovasi di aplikasinya, jangan lupa dicoba semua fiturnya..

      Delete
  2. haloo keren banget reviunya

    kalo ak milihnya ruangguru sih yaa soalnya materinya komplit sama ada tutornya yg standby 24 jam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, silahkan pilih senyaman kamu saja.

      Delete
  3. makasih kak untuk informasinya. wah sangat membantu sekali. kalau dari review kakak aku pilih ruangguru soalnya aku suka yang banyak gambarnya dan warna warni gitu. banyak fiturnya lagi. udah lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan selera orang memang berbeda-beda yang penting belajar dengan rajin.

      Delete
  4. Makasih banyak ya ka atas infonya :)
    *Aku pribadi udah 2 tahun sih pakai Quipper Video , dan menurutku bagusnya Quipper tuh : Materinya diulas tuntas dari konsep sampe rinciannya, soal-soalnya menantang (bikin mikir) dan (bener) suka ada kata2 penyemangatnya gituu, tutornya asik & seru (terutama mapel Matematika & Fisika) + dulu ada Maudy Ayundanya wkwkwk + menurut aku sih ini yaa.. Quipper justru lebih murah dibanding yang lain lhoo.. (dia emang jauhh lebih murah kalau paket tahunan *aku cuma 500an waktu itu buat 1,5 th + bonus 1 bln) dan 500an itu bisa dapet modul2nya (mirip buku erlangga isinya), ada rumus cepatnya gitu (Cara SUPER), video bisa didownload, bisa pilih kualitas video, Nah, kalau aku pas awal2 seneng banget makenya tapii,, karena banyak banget videonya aku jadi mulai males wkwkwk *1 bab biasanya dibagi 4-5 video dan 1 video sekitar 14 menitan (tergantung mapelnya). So, saran aku quipper ini cocok buat kamu yang cari modul2 buat didownload di hp/pc, dan suka sistem SKS :) *janngan ditiru yaa :D
    [btw, Aku udh cobain 3-3nya, dan minat ke 3-3nya HAHA)
    ini sekedar info tambahan aja yaa.. :) semua itu tergantung dari niat, do'a dan usaha kalian :D
    jadi kek numpang nge-blog nih hahah (Maap ya ka)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini saya dari dulu memikirkan kelebihan quipper video, ternyata quipper punya fitur menarik seperti itu. Terima kasih buat masukannya.

      Delete
  5. aku sih ruangguru heheu aplikasi bimbel online masa kini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip yang penting rajin pakenya, kalau di beli aja sayang uangnya..

      Delete
  6. Terima kasih reviewnya. Maaf saya mau share ruang guru dulu saja yaa, karena kebetulan baru itu yang pernah saya pakai. Sebelumnya saya paling familiar cuma sama ruang guru saja, tetapi ternyata ada bimbel online lainnya seperti zenius dan quipper hehe. Di ruang guru, saya paling suka dengan fitur Digital Bootcamp. Soalnya di situ saya bisa dapet temen-temen untuk belajar bareng di dalam kelompok belajar. Saya sangat puas dengan Ruangguru Digital Bootcamp. Saya bisa membahas mata pelajaran yang masih saya belum pahami di sekolah bersama teman-teman kelompok belajar saya di situ. Untuk masalah harga, menurut saya oke-oke saja tidak ada masalah. Masih tergolong terjangkau-lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masukan yang bagus buat teman-teman lain, terima kasih ya..

      Delete
  7. Ruangguru sekarang video nya udah bisa di download, jadi ga usah khawatir ngehabisin kuota. Kalau aku cocok banget pakai ruangguru ya. Metode belajarnya Fun. Kalau zenius minim gambar, dan kalau quipper sendiri, kata temen ku kadang kurang update gitu. Coba deh Ruangguru, mumpung banyak diskonnya, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha memang setiap bimbel online punya keunggulannya masing-masing, silahkan pilih senyaman kamu.

      Delete
  8. Aku milih Ruangguru aja :)

    ReplyDelete
  9. Keduanya sama- sama bagus. Sama- sama menyajiikan konten pelajaran. Kalau kebutuhannya memahami pelajaran secara mudah dan ga bosen, Ruangguru bisa menjadi solusinya. Secara konten mendalam, dikonteksin sama kehidupan sehari-hari lewat animasi dan visual yang friendly untuk pelajar SD/SMP/SMA. Jadi, bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari. Ruangguru menurut aku adalah sebuah terobosan baru dalam dunia Pendidikan dan Teknologi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali saya juga berpikir demikian, saya harap dengan adanya bimbel online ini bisa memajukan pendidikan di Indonesia.

      Delete
  10. Nice infooo! aku makin yakin mau bimbel di Ruangguru, kmrn smpet galau mau bimbel apa.

    ReplyDelete
  11. ruangguru asiik, selalu kreatif,yang terbaru kulihat ada fitur yang timeline itu.. selalu nggak pernah bikin bosen :))

    ReplyDelete
  12. Mau tanya kak, kalau ruang guru bisa dipakai untuk lebih dari 1 device gak? Misalnya di ipad dan hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Ruangguru bisa diakses maksimal di dua device, jadi mungkin bisa di ipad dan di hp.

      Delete
  13. hai kak, wah ini review cukup lengkap sih, btw ada typo ya soalnya ada 2 kali kelebihan dan kekurangan Ruangguru hehe..
    aku kurang ngerti perkembangan quipper saat ini tapi untuk dari segi fitur mungkin lebih menonjol fitur dari Ruangguru.
    sedangkan untuk materi yang digadang gadang paling bagus zenius, tapi dengan kemasan seperti itu zenius tetap akan kalah saing. karna makin kesini baik Ruangguru ataupun bimbel lainnya pasti akan berbenah makin bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terima kasih sudah diingatkan soalnya dari dulu saya ingin menggantinya tapi kelupaan, kalau masalah zenius kalah saing saya tidak yakin soalnya zenius punya ciri khas tersendiri(anak zenius pasti tau ini). Kalau masalah Quipper kita lihat saja nantinya mungkin ada inovasi baru yang buat mereka tidak kalah saing.

      Delete
  14. Iyap makasih udah review bimbel-bimbel online yang ada di Indonesia ya, semoga masing-masing makin ningkatin kualitas kontennya. Kalo dari pengalaman belum pernah pake semuanya, tapi adik saya tahun ajaran kemarin dan sekarang udah jadi pengguna Ruangguru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih dukungannya, Semoga belajarnya tetap semangat.

      Delete
  15. bimbingan belajar memang bisa membantu anak untuk bisa mencapai lebih berprestasi dalam pelajarannya.

    ReplyDelete
  16. Zenius / ruang guru apa bisa di akses di 2 smartphone ? Mohon info nya. Trims ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu saya pakai zenius belum bisa login bersamaan di dua smartphone tapi kalau ganti-gantian bisa. Sedangkan ruangguru bisa diakses maksimal di dua device.

      Delete
  17. Terimakasih infonya, kebetulan daridulu aku dan adekku selalu pake ruangguru, karena bener2 bikin aku paham sm materi dan banyak diskon

    ReplyDelete
  18. Bener sih, semua tergantung nyamannya masing-masing. Ada anak yang lebih suka simple tapi ada anak yang lebih mudah paham kalau diperagakan dengan animasi. Tapi emang sih Ruangguru lagi gencar berinovasi. Fitur-fituurnya lengkap banget. Ada rapornya juga gak sih kalau gak salah? Mantap emang Ruangguru

    ReplyDelete
  19. Terimakasih informasinyaa.. saya pikir ruangguru berinovasi dengan cepat dan kualitasnya memang bagus sejauh ini dibandingkan pesaing lainya.

    ReplyDelete
  20. Nice review. Tapi entah kenapa, yang paling sering saya lihat tayangannya di tv itu ruangguru

    ReplyDelete
  21. anak-anak jaman sekarang opsi belajarnya jadi semakin banyak dan mudah ya

    ReplyDelete
  22. Kirakira apa tujuan dan manfaat dari zenius

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, tujuan zenius itu murni untuk mencerdaskan siswa di seluruh Indonesia dengan cara memberikan sistem pembelajaran efektif yang bisa digunakan dimana saja baik itu dipelosok(karena Zenius bisa offline kalau pakai Xpedia) maupun di daerah yang terbelakang jadi kecerdasan bisa merata, dan tentunya untuk memahami pelajaran dengan lebih baik siswa membutuhkan guru yang berkompeten dan menguasai ilmunya tapi tidak semua guru di Indonesia bisa seperti itu makanya dengan adanya Zenius ini guru yang berkompeten dibidangnya dapat mengajar seluruh siswa di Indonesia jadi sekali lagi ketimpangan pendidikan bisa sedikit lebih merata. Nah alasan saya bilang begini bukan untuk promosi Zenius tapi saya sudah diajar oleh para tutor Zenius dan saya mengerti betapa pentingnya pemerataan pendidikan di Indonesia. Oh ada yang pernah menyarankan bang Sabda(CEO Zenius) untuk menjadi menteri pendidikan tapi katanya kalau menjadi menteri tidak bebas dalam membuat kebijakan dan harus patuh pada aturan-aturan tertentu, makanya bang Sabda lebih fokus di Zenius ini.

      Delete
  23. "kotakin aja boii" MWEHEHE~ . ngomong-ngomong zenius, udah pake sejak masuk SMP dan sampe sekarang entah kenapa ya kalo ngajarin pelajaran ke keponakan selalu pake cara zenius terutama matematika :) . dan gak lupa kak wilo yang terkadang suka bikin lupa gender seketika abisnya cantiknya itu loh duhh ✌ 'jembrengin aja" . btw, kalo nonton b indo terus yang ngajar kak uti kadang malah jadi ngelawak :) tapi suka 😂✌

    ReplyDelete

Theme images by MichaelJay. Powered by Blogger.